Kodim 0508 Depok: Jangan Ada Siapapun yang Berani Memecah Belah Rakyat

Komandan Kodim 0508/Depok, Letkol (Inf) Eko Syah Putra Siregar, mengusulkan diaktifkannya Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling).

Hal itu, untuk mencegah terjadinya potensi gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) yang sehubungan dengan digelarnya Pemilu serentak 2019.


Seperti diketahui, untuk pertama kalinya dalam sejarah, Indonesia akan melaksanakan Pemilu serentak pada 17 April 2019.

Tidak hanya memilih Presiden dan Wakil Presiden, dalam pesta demokrasi yang jatuh pada hari Rabu itu, setiap orang yang punya hak pilih juga akan memilih wakil rakyat untuk duduk di DPR, MPR, dan DPD.

Karena itulah, menurut Letkol Eko, sebagai warga negara, masyarakat harus turut berperan serta menyukseskan pesta lima tahunan ini.

Salah satunya dengan menjaga keamanan wilayah masing-masing.

Masalahnya, dari pengamatannya selama ini, Siskamling di Kota Depok tidak aktif.

Padahal, keberadaan Siskamling sangat penting dalam membantu TNI/Polri memelihara Kamtibmas.

"Kita harus hidupkan kembali Siskamling. Keamanan harus dimulai dari diri sendiri, rumah, lingkungan, hingga masyarakat kota," ujar Eko dalam kegiatan 'Ngopi Bareng Sekretariat Bersama Wartawan Kota Depok' di markas Kodim 0508/Depok, Pancoran Mas, Jumat (18/1/2019) malam.

Dia mengatakan, menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) memang sudah menjadi tugas pokok TNI.

Diantaranya bersama-sama Polri memelihara stabilitas keamanan.

Akan tetapi, masyarakat wajib ikut menjaga. Tanpa peran serta masyarakat, stabilitas keamanan sulit tercipta.

"Dengan adanya Siskamling, masyarakat punya rasa tanggungjawab menjaga keamanan lingkungan mereka dari pengaruh buruk dari luar, terutama saat Pemilu tahun ini," bilangnya.

Dalam kesempatan itu, Dandim juga menegaskan netralitas TNI dalam gelaran Pemilu kali ini.

Kodim 0508 pun terbuka terhadap informasi atau masukan dari masyarakat tentang adanya potensi gangguan Kamtibmas selama pesta demokrasi yang akan datang.

"Informasikan kepada kami tentang potensi gangguan di tengah masyarakat. Jangan ada siapapun yang berani memecah belah rakyat," pesannya.(tribun)



No comments:

Post a Comment