Kemana, Veteran Pejuang PKS ?

Dialah veteran pejuang. Di Internal PKS Jambi. Di Partai kader itu. Di Partai dakwah itu.

Hendri Masyhur alias HM. Mantan Ketua DPW PKS Provinsi Jambi. Dan anggota DPRD Provinsi Jambi periode 2009-2014. HM adalah generasi pertama PKS Jambi. Ditangannya lah PKS Jambi membesar.


HM punya peran besar mendirikan Sekolah Islam Terpadu, Nurul Ilmi. Sekolah Islam yang menjadi primadona saat ini.

Di DPRD Provinsi Jambi. Nama HM sangat diperhitungkan. Fraksi PKS dibawah kendalinya termasuk paling aktif. Setiap pekan Fraksi PKS selalu menggelar Focus Group Discussion (FGD). Dengan berbagai isu dan tema. Pandangan fraksi acapkali dirumuskan melalui kajian dari FGD itu. Ide yang cerdas dan brilian.

HM juga dikenal vokal. Jago lobi. Peduli. Bersih. Dan Punya nama besar. HM pernah masuk bursa calon Walikota Jambi periode 2013-2018. Bahkan, Bambang Priyanto, Walikota Jambi saat itu pernah mewacanakan bakal menggandeng HM sebagai Wakil Walikota.

Diinternal PKS dia dianggap pemimpin yang berhasil. Punya kapasitas. Dan tentu saja punya leadership yang kuat.

Saya baru saja pulang dari Jakarta. Pada tahun 2011 itu. Ditugaskan oleh tempat saya bekerja waktu itu (Jambi Independent) meliput kegiatan-kegiatan DPRD dan Gubernur Jambi. Saat itulah saya pertamakali jumpa dan kenal HM.

HM duduk di Komisi IV DPRD. Komisi yang salah satunya membidangi pendidikan. Orangnya supel. Bicaranya lembut. Teratur. Punya kepemimpinan yang kuat. Cerdas. Paling akrab dengan kalangan juru warta. Orangnya peduli. Murah tangan.

Pernah satu hari. HM memanggil saya keruangannya. Komisi IV DPRD itu.

Saya langsung kaget. Saat HM memperlihatkan sebuah rekaman. Dari Handphonenya.

Itulah pertemuan terakhir saya dengan HM.

Sebulan kemudian saya kembali kaget. Secara mendadak HM mundur dari Ketua DPW PKS. Diapun menghilang entah kemana. Sebagai jurnalis, insting menyelidik muncul. Saya berusaha mencari tahu. Tapi, mayoritas pengurus partai tidak tahu.

Yasir, Ketua Majelis Pertimbangan Wilayah (MPW) PKS Provinsi Jambi hanya mengirimkan press release. Menurutnya, pengunduran diri HM telah disampaikan kepada presiden PKS melalui Ketua DPP PKS Wilayah Daerah (Wilda) Sumatera. Pada 2 April 2012.

Adapun dalam surat pengunduran diri itu. Alasannya bersifat pribadi. Dan DPP telah menerima pengunduran diri yang bersangkutan. Struktur dan kader partai bisa memahami dan menerima alasan pengunduran diri tersebut.

Lama menghilang. HM kembali muncul. Saya bertemu lagi saat ia menjadi pengatur strategi salah satu Calon Kepala Daerah. Beberapakali saya berjumpa langsung. Mengobrol panjang lebar. Orangnya masih tetap seperti dulu. Tidak banyak berubah. Santu. Lemah lembut. Cerdas. Dan yang terpanting sederhana. Kemana-mana masih pakai sendal jepit.

Pejuang itu boleh saja mati. Yang mati itu adalah jasadnya. Tapi jiwa pejuang tidak pernah mati. Dia akan terus menyala. HM adalah seorang pejuang. Paling tidak bagi PKS Jambi. Jasa-jasanya yang besar. Pengorbanannya yang besar. Tak bisa dilupakan begitu saja.

Dia kini comeback. Kembali menjadi pejuang.

HM dikabarkan kembali aktif di PKS. Partai yang pernah dibesarkannya itu. Atau partai yang pernah membesarkannya itu.

HM sudah bertemu Ketua Majelis Syuro. Salim Segaf Al Jufri. Belum lama ini. Bersama koleganya, Ami Taher. Wakil Bupati Kerinci terpilih itu.

Ami Taher juga seorang veteran pejuang. Bagi PKS Jambi. Sama seperti HM. Ami Taher juga termasuk generasi pertama PKS. Dia tokoh pertama yang menjadi Anggota DPR RI dapil Jambi.

Punya nama besar di Kerinci. Orang tuanya mantan Kadis Pendidikan Provinsi Jambi. Banyak berjasa bagi warga Kerinci. Terutama dikalangan Guru. Ayah Ami Taher adalah orang yang banyak membantu warga Kerinci menjadi PNS. Terutama Guru. Tanpa uang. Semuanya gratis. Makanya, jangan heran banyak guru asal Kerinci yang tersebar di setiap sekolah-sekolah di Provinsi Jambi.

Pernah berulang kali maju menjadi Bupati Kerinci. Namun gagal. Pernah keluar PKS. Ami Taher sempat pindah ke PPP. Kini ia menjadi wakil Bupati terpilih. Dan akan dilantik Mei 2019 mendatang.

HM dan Ami sudah bertemu Ketua lembaga Super Body PKS. Mungkin hanya pertemuan silaturahmi biasa. Tapi, banyak yang meyakini pertemuan itu bukan sesuatu yang biasa.

Boleh jadi HM-Ami akan mendapat penugasan khusus. Untuk membantu membesarkan PKS Jambi lagi?(jambiday)



Penulis : Muawwin SPd

No comments:

Post a Comment